Breaking News

Wujudkan Cita-Cita Luhur Perintis YDBIT, UNSRIT Terus Lahirkan Generasi Penerus Bangsa.







Cahayamanado.com,(Tomohon)- Salah satu Universitas Swasta terbaik di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Pendidikan, Kota Tomohon yakni Yayasan Dharma Bakti Indonesia Tomohon (YDBIT) Universitas Sariputra Tomohon (UNSRIT) menggelar Rapat Senat Luar Biasa terbuka dalam rangka prosesi wisuda sarjana angkatan ke-XIII tahun 2016 serta pelantikan profesi Ners ke-VII yang dilaksanakan di Convention Hall Hotel Sutanraja Minahasa utara Rabu, (23/11).

Wakil Ketua Panitia Vanly Rembang SPd,SPt, MSi dalam laporannya mengatakan yang mengikuti wisuda kali ini berjumlah 195 orang yang terdiri dari 124 Mistraya Satu dan 71 orang yang akan dilantik Profesi Ners.

“Kegiatan wisuda ini sudah memiliki persyaratan alat administrasi dan akademik sesuai dengan yang dilaksanakan dan ditetapkan oleh BAN PT Program study, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Unsrit sekaligus berdasarkan SK pembentukan dan pelaksanaan wisuda dan arahan berdasarkan arahan dari koordinator Kopertis wilayah IX Makasar,” kata Rembang dalam laporannya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Don RG Kabo SST,MT dalam laporan akademiknya mengenai  perkembangan Unsrit menjelaskan, sejak berdirinya Unsrit pada 3 Desember 1999 Unsrit sudah memiliki 6 Fakultas dan 11 Program studi yang terdiri dari 1. Fakultas Teknik dengan program studi: Teknik Sipil,Arsitektur,Tekhnik Informatika danTeknik Komputer. 2. Fakultas Ekonomi : Manajemen dan   Akuntansi, Fakultas. 3 Fakultas Pertanian : Argo Bisnis. 4 Fakultas Perikanan: Budidaya Perairan.  5 Fakultas ilmu Sosial dengan Program studi ilmu komunikasi  6 Ilmu Keperawatan dengan program studi  ilmu keperawatan dan Profesi Ners.

“Unsrit mewisuda pertama kali pada tahun 2004 dan pada saat ini tahun 2016 sudah mewisuda sebanyak  2184 wisudawan sementara jumlah mahasiswa Unsrit pada tahun ajaran 2016-2017 sebanyak  536 orang mahasiswa dan semua program studi sudah terverifikasi, saat ini Unsrit yang sah akan terus berproses sesuai dengan tema Unsrit bangkit berkarya dalam kebersamaan untuk melahirkan generasi yang berkualitas bagi nusa dan bangsa,” ungkap Kabo.

Sementara, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Ir Hj Andi Niartiningsih, MP mengatakan saat ini semua perguruan tinggi di Indonesia sudah harus terakreditasi institusi. Dan untuk Universitas Sariputra Tomohon (Unsrit) dengan dilaksanakan wisuda sarjana angkatan ke-XIII dan pelantikan Profesi Ners ke-VII berarti sudah tidak ada masalah lagi.

“Usai kemelut beberapa waktu lalu semuanya berjalan dengan dengan baik legilitasnya diakui dan secara hukum dari hasil Mahkamah Agung (MA) semuanya sudah jelas dan tidak ada masalah dan itulah mengapa saya dan sekretaris pelaksana Kopertis wilayah IX bisa hadir disini,”jelas Niartingsih

Selain itu, Ketua YDBIT  Ki Nio Runtuwene mengatakan, “ dari dinamika perjuangan Unsrit mempertahankan eksistensi dengan dalam satu ikatan emosional dengan YDBIT, Unsrit harus bangkit berkarya dalam kebersamaan untuk melahirkan generasi yang berkulitas bagi nusa dan bangsa. Unsrit terpanggil untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di Tomohon untuk mewujudkan cita-cita luhur para perints YDBIT sesuai Visi-Misi yayasan yaitu mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berkarakter berintegritas serta dilandasi cinta-kasih dalam membangun bangsa yang majemuk dan dinamis." ujar Runtuwene.

“Dalam perjalanan mewujudkan cita-cita ini untuk mengembangkan institusi layanannya tidak lepas dari tantangan  yang nyaris melumpuhkan namun berkat kebersamaan Unsrit terus maju dan saat ini bangkit membangun yang lebih baik. Berdasarkan kalender akademik tahun 2016-2017 saat ini Unsrit akan mewisudakan 195 mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh program akademik dan telah melewati verifikasi oleh Kopertis wilayah IX Sulawesi , dan kalau tidak lewat verifikasi pasti dari Kopertis tidak akan hadir,”tutup Runtuwene. (micky)

Tidak ada komentar