Breaking News

SAS Berharap Pemerintah & Pengusaha Terus Bersinergi Dalam Perluasan Jaringan Bisnis Ekspor.




Cahayamanado.com, (Tomohon)- Guna mendorong perkembangan dan meningkatkan kreativitas dalam memaksimalkan jaringan, peluang dan bisnis ekspor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Koordinasi Program Pengembangan Ekspor Dengan Instansi Terkait/Asosiasi/Pengusaha yang dibuka oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rogs Café, Kel. Kolongan. Selasa, (8/11).

Dalam sambutannya yang Wawali Sompotan mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bahwa, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan produk – produk unggulan di Kota Tomohon yang berpeluang ekspor, khususnya produksi rumah kayu atau rumah panggung yang saat ini sudah menjadi komuditi ekspor Kota Tomohon kesejumlah negara-negara di luar negeri. Wawali mengharapkan sinergitas antara pemerintah dan pelaku usaha rumah panggung untuk terus memperluas jaringan yang berorientasi ekspor serta perluasan jaringan bisnis secara profesional dan bertanggung jawab.

Pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah memfasilitasi pemasaran produk rumah kayu Kota Tomohon pada pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia yang bertema : Indonesia Source Of Natural And Creative Products dan menampilkan berbagai produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi desain.

Wakil Walikota menambahkan, industri rumah panggung selain berpeluang ekspor juga menciptakan peluang dan penyerapan tenaga kerja serta sektor ekonomi kecil dan menengah, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, dan untuk itulah Pemerintah Kota Tomohon senantiasa berusaha untuk membantu pelaku usaha rumah panggung dalam pengadaan, serta disverifikasi produk ekspor sehingga diharapkan mampu mendorong disverifikasi pasar tujuan ekspor. “Pertahankanlah kerjasama yang terjalin selama ini antara Pemerintah Kota Tomohon  dengan pelaku usaha agar terus di jaga dengan baik dan berkelanjutan.” Ungkap Wawali.

“Peluang ekspor yang ada ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga keinginan meningkatkan eksistensi produk rumah kayu dan merek Kota Tomohon di pasar  internasional (Nation Branding) memiliki posisi istimewa di pasar global dan produk rumah panggung diharapkan dapat menjadi representasi dari citra Tomohon sebagai kota yang memiliki reputasi yang baik dapat terwujud, untuk itu dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan terjalin secara dinamis dan berkelanjutan.” tambahnya.

Diakhir sambutannya Wawali berharap kiranya di pertemuan saat ini agar dapat mengkoordinasikan program pengembangan ekspor yang ada di Kota Tomohon, agar dapat mendorong perkembangan dan meningkatkan kreativitas dalam memaksimalkan jaringan, peluang dan bisnis ekspor guna memperoleh perubahan yang tidak sekedar keuntungan, namun juga perkembangan terhadap pembangunan Kota Tomohon.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Perindag Kota Tomohon Ruddie A. Lengkong SSTP,  dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengkoordinasikan program pengembangan ekspor dengan instansi terkait guna mempromosikan dan memasarkan produk rumah kayu/panggung Kota Tomohon dan kemudahan proses dan prosedur ekspor.

Hadir juga dalam kegiatan ini Wakapolres Tomohon Kompol. Alkat Karouw, S,Sos, Kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Manado Bpk. Abdul Rasyid selaku narasumber dan kadis Perindustrian dan Perdagangan Sulut yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri Bpk. Ir. Hanny Wayong, M.Si, serta para undangan dan pelaku usaha. (micky)

Tidak ada komentar