Breaking News

Koramil 1302-06 Bersama Pemkot, Gelar Penanaman Serentak & Pengukuhan Kelompok Tani Se-Kota Tomohon.




Cahayamanado.com,  (TOMOHON)- Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 1302-06 Tomohon,  bersama Pemerintah Kota Tomohon dalam hal ini Dinas Pertanian dan BP4K Kota Tomohon melaksanakan Penanaman padi sawah serentak dan juga dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok tani se-Kota Tomohon yang dilaksanakan di kompleks persawahan "Katuanaan" Kelurahan Tara-tara satu,  Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon. Selasa,  (20/09-2016).



Dandim 1302/Minahasa Letkol Czi Muhamad Andhy Kusuma S.Sos,  MM yang diwakili oleh Danramil 1302-06 Tomohon Kapten Inf Feky Welang mengatakan jajaran Koramil Tomohon terus mendukung dan mendampingi program Swasembada Pangan di Kota Tomohon.

"Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian dengan Kepala staf TNI Angkatan Darat telah melaksanakan Memorandum Of Understanding (Mou) dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan Nasional yang berkelanjutan, yakni dengan melakukan Gerakan tanam, guna mempercepat realisasi pencapaian luas tambah tanam guna meningkatkan produksi dan produktivitas Padi di Indonesia,  khususnya di Kota Tomohon,  untuk itu kami terus mendampingi kelompok tani, baik pada menanaman, pasca panen, dan pada saat panen"ucap Welang.



Sementara Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) pada saat menghadiri Kegiatan penanaman serentak serta pengukuhkan kelompok tani mengungkapkan, "pengembangan kapasitas kelembagaan petani diarahkan untuk meningkatkan kelembagaannya menjadi kelembagaan ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha serta posisi tawar petani, walaupun kelembagaan petani sampai saat ini boleh dikata belum kuat dan perkembangannya belum seperti apa yang diharapkan, oleh karena itu diperlukan langkah dan upaya khusus dalam rangka pemberdayaan petani melalui pola, metode dan strategis penyuluhan melalui program dan kegiatan untuk membantu memfasilitasi petani dalam meperbaiki sistem pengelolaan usaha tani menjadi usaha tani berorientasi bisnis" ujar SAS.



Lanjutnya,  "saya berharap melalui pengukuhan kelompok tani saat ini kiranya mampu membangun sinergitas antar petani dan antar kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi agar menjadi kelembagaan ekonomi yang kuat dan mandiri, dan kaitannya dengan kerjasama kelompok tani bersama unsur TNI AD dalam menyukseskan ketahanan pangan agar tetap dibina dan terus dipertahankan", harap SAS.

Sebelumnya Kaban BP4K Kota Tomohon Ir Jantje Ering menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan petani serta penguatan dan pemberdayaan kelembagaan petani dan kelompok tani sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kelembagaan BP4K.



Diketahui, 170 kelompok tani se Kota Tomohon dikukuhkan oleh Wawali SAS,  dengan rincian kelompok tani pertanian 119 kelompok, pembudidayaan perikanan 10 kelompok, dan kelompok kehutanan yang berjumlah 41 kelompok, dari rincian tersebut terdiri dari kelas pemula sebanyak 80 kelompok tani, kelas lanjut 69, kelas madya 20, serta kelas utama 1 kelompok tani.

Usai pengukuhan Wawali didampingi Sekretaris Kota DR Arnold Poli SH MAP bersama unsur petani dan TNI menanam padi sebagai simbol penanaman serentak telah dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS),  Sekretaris Kota Tomohon Drs Arnold Poli, SH.  MAP, Dandim 1302/Minahasa Letkol Czi Muhamad Andhy Kusuma S.Sos,  MM yang diwakili oleh Danramil 1302-06 Tomohon Kapten Inf Feky Welang,  Anggota Koramil 1302-06 Tomohon dan ibu-ibu Persit,  Jajaran Pemkot termasuk para Camat dan Lurah, beserta para kelompok tani. (micky)


Tidak ada komentar