Breaking News

EMAS, Serahkan SK Kenaikan Pangkat Kepada 99 ASN.







Cahayamanado.com, (TOMOHON) – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Senin (26/9/16) memimpin apel Korpri di jajaran Pemerintah Kota Tomohon yang juga dirangkaikan dengan peringatan Hut Provinsi Sulawesi Utara Ke-52 Tahun 2016 yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.


Dalam sambutannya Walikota mengucapkan selamat memperingati dan merayakan Hut ke-52 Provinsi Sulawesi Utara. Semoga Kota Tomohon sebagai bagian dari pembangunan di Sulawesi Utara, terus memberi kontribusi terbaik untuk membawa nama harum daerah nyiur melambai ditingkat nasional maupun internasional.


“Tentunya, nama harum yang hendak dicapai harus disertai dengan kinerja aparatur sipil negara yang berdedikasi, profesional dan bertanggung-jawab, dalam menjalankan amanat sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,”ujar Eman.


Eman meyakini bahwa, ASN Kota Tomohon mampu mewujudkan nama harum Sulut dan kota Tomohon khususnya, sebagaimana bukti sukses yang telah kita raih dalam mengangkat nama harum pariwisata melalui even berskala Internasional.


“Tomohon International Flower Festival” yang berhasil menghadirkan kurang lebih 135 ribu kunjungan wisata di Kota Tomohon. Demikian halnya di bidang pendidikan, dalam usaha menjadikan Tomohon sebagai kota literasi, bahkan dalam mendukung program pemerintah pusat, khususnya penyaluran Kartu Indonesia Pintar, Tomohon telah meraih angka 97,73% yang merupakan angka tertinggi di Sulut. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. dr. Muhadjir Effendy MAP telah mengunjungi daerah ini pada beberapa waktu lalu.


“Saya juga mengingatkan beberapa catatan selang 7 bulan 9 hari kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon saat ini, pertama suka tidak suka, mau tidak mau,  amanat peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah harus kita jalankan tahun 2017 nanti. Konsekwensinya, kita harus siap menerima perubahan perangkat daerah pada dinas dan badan termasuk perubahan jumlah aparat yang menduduki jabatan esselon II hingga esselon IV. kedua, kaitannya dengan hal tersebut, maka dari 30 SKPD, 9 bagian dan 5 kecamatan di Kota Tomohon nanti, akan ada sekitar 127 jabatan esselon II hingga IV yang bakal hilang,” ungkapnya.


Walikota juga memberi apresiasi yang tinggi kepada tim penataan perangkat daerah, karena atas perjuangan mereka, sehingga dari 15-25% efisiensi jabatan yang ditetapkan harusnya hilang, telah berhasil di-efisiensi menjadi 11,8% saja oleh tim penataan perangkat daerah. itu berarti, dari sekitar 127 jabatan yang sebelumnya akan hilang, berhasil di-efisiensi menjadi sekitar 68 jabatan saja yang nantinya akan tereliminasi. ketiga,  perubahan perangkat daerah tersebut, menuntut kita untuk menyelesaikan segala dokumen perencanaan yang harus direvisi untuk disesuaikan dengan penerapan PP no.18 tahun 2016 ini.


“Untuk itu saya minta seluruh pimpinan SKPD dan Bappeda khususnya, agar ekstra kerja dalam menyelesaikan penyesuaian dokumen baik renja SKPD, penyesuaian RKPD 2017 termasuk RPJMD sesegera mungkin diselesaikan, setelah dikeluarkannya persetujuan dari pemerintah provinsi terhadap perda pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Tomohon,” tandasnya


Dalam kesempatan ini Walikota menepis beredarnya isu rolling jabatan dikalangan ASN yang sempat memecah konsentrasi para pejabat dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Ingatlah, rolling jabatan tetap akan dilaksanakan kapan saja, apakah Bulan September, Oktober, atau Desember, itu hal yang wajar dan lumrah untuk dilakukan pimpinan.


Apalagi, sudah sangat jelas akan terjadi pergeseran jumlah jabatan sebagai konsekwensi PP no.18 tahun 2016. Untuk itu, saya berharap anda sekalian tetap tunjukan profesionalitas dalam bekerja, kurangi pelanggaran disiplin yang mengakibatkan teguran dari pimpinan, tunjukan loyalitas dan tanggungjawab yang tinggi. Pertahankan semua yang baik selama ini dan tunjukan prilaku prestatif yakni prilaku ingin maju di segala bidang. Oleh karena itu beliau mengingatkan seluruh jajarannya untuk bekerja efektif dan memiliki prilaku kerja yakni :kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas,  serta kerja iklhas dan kerja mawas diri dengan selalu ada sukacita.


Selanjutnya pada Pelaksanaan Apel kali ini, Walikota Memberikan surat penghargaan pengabdian sebagai Ketua Korpri kepada Kasat Pol PP James A H Rotikan SE. Serta menyerahkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dari III c ke Pangkat III d sebanyak 18 ASN termasuk Kasubag Humas Djufry Rorong, S.Sos.


Untuk rincian dari 99 ASN yang menerima kenaikan pangkat yang telah ada terdiri dari empat golongan II a ke golongan II b, tujuh ASN dari II b ke II c, dua orang dari II c ke II d, empat orang dari II d  ke III a, 30 ASN  dari IIIa ke III B, 34 ASN dari IIIb ke IIIc dan 18 ASN dari III c naik pangkat menjadi III d. Selanjutnya untuk kenaikan pangkat dari golongan III d ke atas sementara berproses, seperti yang disampaikan Kaban BKD Masna Pioh S Sos melalui Kabid Dian Merentek Spd MSi.


Pelaksanaan apel ini dihadiri Wawali Syerly Adelyn Sompotan dan diikuti oleh seluruh PNS dan tenaga kontrak yang ada di Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(micky)



Tidak ada komentar