Breaking News

DPPKBMD Kota Tomohon Gelar Pelatihan Pengelolaan keuangan Daerah Bagi Aparat Pemerintah Daerah.










Cahayamanado.com, (TOMOHON)- Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKBMD) menggelar pelatihan pengelolaan keuangan daerah bagi aparat pemerintah daerah (in house training) di Hotel Peninsula Manado Rabu (28/9).





Kepala DPPKBMD Dr Juliana D Karwur MKes MSi menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pengelola keuangan daerah sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan pengelolaan keuangan daerah sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan, dan akuntabel.





“Adapun peserta pada kegiatan ini seluruh kepala SKPD/pejabat esselon II pemerintah Kota Tomohon, dan kegiatan ini akan berlangsung mulai 28 s/d 30 september 2016”, kata Karwur.





Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan berharap “in house training” dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.





Di kesempatan itu Eman mengingatkan kepada para kepala SKPD untuk dapat menghindari serta mengantisipasi dan meminimalisir segala masalah yang dapat muncul dalam pengelolaan di masing – masing SKPD dengan memperhatikan sistem dan pengelolaan keuangan daerah sesuai paraturan perundang-undangan yangada.





“Kapabilitas seorang pejabat menjadi salah satu penentu keberhasilan dari pembangunan daerah”, tutup Eman.





Disela pelatihan dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam hal pemanfaatan aplikasi kas daerah secara online system yang terintegrasi dengan aplikasi Simda keuangan.





Perjanjian dilakukan antara pemerintah Kota Tomohon dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Sulut serta PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo.





Selain para kepala SKPD tampak hadir kepala BPKP perwakilan Provinsi Sulut Drs Sinar Panjaitan, Kepala Bank Sulutgo cabang Kota Tomohon Mareyke Togas. Hadir sebagai narasumber dari unsur Direktorat Jenderal penimbangan keuangan Cicilia Risyana, Ronny, bersama Moza Pandawa. (micky)

Tidak ada komentar