Breaking News

Dandim 1302/Min, Turun ke Sawah & Tanam Padi, Demi Mewujudkan Swasembada Pangan.




Dandim 1302/Minahasa Letkol CZI Muhamad Andhy Kusuma, S.Sos bersama dengan Pemkab Minahasa dan Petani, Bersama-sama  menanam Padi guna Mewujutdkan Swasembada Pangan.




Cahayamanado.com,(MINAHASA)- Dandim 1302/Minahasa Letkol Czi Muhamad Andhy Kusuma,S.Sos bersama Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa, BP3K Tondano Timur dan Babinsa melaksanakan Tanam Padi Serentak dalam rangka program percepatan tanam di areal sawah kelompok tani “Matuari” Kelurahan Taler Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa seluas 2 Hektar. Sabtu (06/08/2016).

Dandim 1302/Minahasa Letkol Czi Muhamad Andhy Kusuma,S.Sos menjelaskan bahwa TNI mendukung mewujudkan swasembada pangan nasional, untuk mewujudkan program tersebut  maka harus dilakukan secara selektif dan analisa secara matang agar dapat meningkatkan produksi yang maksimal sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan dan mensejahterakan masyarakat.

“TNI akan selalu siap dilibatkan serta mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Minahasa”, Pungkas Kusuma.

Dalam pencapaian program swasembada pangan dituturkan adanya peningkatan indeks penanaman. Karena itulah perlu dapat target yang harus dicapai.

"Dalam pencapaian perlu pematangan rencana aksi terutama melibatkan unsur TNI dalam mewujudkan swasembada pangan, tanam padi serentak ini dilaksanakan dengan sistem tanam Jajar Legowo yang merupakan sistem produktifitas dengan hasil yang bagus”. ujar Kusuma.

Lanjutnya, "penanaman padi serentak tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktifitas lahan dan tenaga kerja mempercepat dan mengefisiensi proses serta menekan biaya produksi serta pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani." tutup Kusuma.

Dalam kegiatan tanam Padi serentak, Dandim 1302/Minahasa juga menguji Alsintan Rice Transplanter dan Traktor Roda 2 bantuan Kementerian Pertanian RI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1302/Minahasa Letkol Czi M.Andhy Kusuma,S.Sos, Kasdim 1302/Minahasa Mayor Inf I Ketut Sudana, Kabid PLA Dinas Pertanian, Dr.Margaritha Ratulangi, Kepala BP3K Tondano Timur Douvy J.Angouw,SP, PPL, Kelompok Tani Matuari, Para Danramil dan Babinsa. (micky).

Tidak ada komentar